Selamat Datang (berbagi-bagilah Ilmu Kalian )

Berdamai lah kalian semua share lah ilmu kalian semua kawan

Jumat, 11 Desember 2009

Subtitle Di Media Player Classic

Casually Mux
Mux Casually
Subtitle di Media Player Classic
leave a comment »
Media Player Classic (MPC) adalah player favorit banyak orang. Tampilannya yang compact dan fitur yang cukup lengkap, serta kemampuan menggunakan filter DirectShow (dshow) menjadikannya media player yang ringan namun powerful. MPC memiliki fitur built in untuk menampilkan subtitle, namun juga bisa menampilkan subtitle dengan memanfaatkan filter VSFilter (DirectVobSub) ataupun dengan filter ffdshow.
Fitur Subtitle Built In
Untuk menampilkan subtitle memanfaatkan fitur built in MPC:
1. Buka menu View > Options atau klik kanan pada gambar video dan klik Options.
2. Pastikan pada Playback > Output, pilihan berada renderer yang support subtitle (**) untuk jenis video yang ingin dilihat dengan subtitle.
3. Supaya subtitle di-load secara otomatis, centang pilihan “Auto-load subtitles” pada View > Options > Playback.
4. Jika subtitle belum ditampilkan, tutup dan buka ulang MPC, kemudian load ulang file video.
5. Apabila subtitle belum juga ditampilkan, buka menu Play > Subtitles atau klik kanan gambar video > Subtitles. Pilih (aktifkan) option “Enable”.
5. Apabila pilihan “Auto-load subtitles” pada Playback tidak dicentang, load subtitle dengan menu File > Load subtitle.
DirectVobSub
VSFilter atau DirectVobSub adalah filter direct show untuk menampilkan subtitle. Dengan DirectVobSub kita bisa mengatur delay dan mensinkronisasi subtitle. Filter ini bisa menampilkan subtitle karaoke (Advance Substation Alpha) dengan cukup baik. Untuk menampilkan subtitle memanfaatkan filter DirectVobSub:
1. Install filter DirectVobSub.
2. Apabila filter tidak di-load oleh MPC, matikan option “Auto-load sub” pada menu View > Options > Playback. Tutup dan buka ulang MPC.
3. Apabila subtitle belum ditampilkan, buka menu Play > Filters > DirectVobSub atau klik kanan gambar video > Filters > DirectVobSub. Pilih (aktifkan) option “Show Subtitles”.
FFDShow
FFDShow adalah kumpulan codec dan filter direct show multifungsi. Dengan ffdshow kita juga bisa mengatur delay dan mensinkronisasi subtitle. Filter ini bisa menampilkan subtitle karaoke (Advance Substation Alpha), namun tidak sebaik DirectVobSub. Untuk menampilkan subtitle memanfaatkan filter ffdshow:
1. Install ffdshow.
2. Buka menu Play > Filters > DirectVobSub atau klik kanan gambar video > Filters > ffdshow Video Decoder. Aktifkan option “Subtitles”.

Catatan:
Tidak semua jenis video dan subtitle bisa ditampilkan dengan 3 cara di atas, namun hanya yang disupport saja. Contohnya adalah untuk subtitle DVD, MPC menggunakan source filter DVD untuk menampilkan subtitlenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar